Bergandeng tangan dalam komitmen menghadapi Tahun Anggaran 2010 dan Menyukseskan Program Kerja Ditjen Perbendaharaan Tahun Anggaran 2011 (Dari Arena Rapat Koordinasi II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu Bengkulu, 4-5 Desember 2010)   2 comments


Pengantar Gubernur dalam Serah Terima DIPA 2011 kepada Satker Provinsi Bengkulu

Pengantar Gubernur dalam Serah Terima DIPA 2011 kepada Satker Provinsi Bengkulu

Dalam rangka menghadapi akhir Tahun Anggaran 2010, untuk menyamakan persepsi seputar permasalahan seputar perbendaharaan negara dan pedoman teknis langkah – langkah akhir tahun anggaran di lingkungan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, maka pada tanggal 4 s.d. 5 Desember 2010 diadakan Rapat Koordinasi II Tahun 2010 lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan di Hotel Horizon, Bengkulu dengan tema “Dengan Rapat Koordinasi Kita Mantapkan dan Tingkatkan Profesionalitas Kinerja Untuk Mewujudkan Pelayanan Unggulan yang Lebih Baik”.

Peserta Rakor adalah para pejabat eselon III, IV dan staf terkait pada unit kerja Ditjen Perbendaharaan lingkup Kanwil DJPBN Provinsi Bengkulu. Untuk efektifitas kegiatan rakor, setelah menerima paparan dan daftar permasalahan yang telah dihimpun sebelumnya, peserta dibagi ke dalam komisi – komisi sesuai dengan bidang teknis pekerjaan pada ditjen perbendaharaan meliputi komisi umum, perbendaharaan, pelaksanaan anggaran, bendum dan akuntansi pelaporan.

Hasil dari masing – masing rapat komisi kemudian dibahas pada rapat tim perumus yang selanjutnya mengklasifikasikan permasalahan yang ada menjadi 2 (dua) kelompok permasalahan, yakni masalah yang perlu ditindaklanjuti  dengan menyampaikan ke kantor pusat dan masalah yang bersifat regional di tingkat Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu yang tindak lanjut penyelesaiannnya ditetapkan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu.

Bapak Hasudungan Siregar, selaku pemangku jabatan Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Bengkulu dengan begitu antusias mengikuti dan terlibat secara langsung dalam perdebatan pembahasan dan penyelesaian permasalahan yang dilakukan tiap – tiap komisi dan tim perumus. Antusiasme tinggi juga ditunjukkan oleh masing – masing peserta dalam pembahasan. Keterlibatan secara langsung bapak kakanwil rupanya memompa semangat anak buahnya untuk tetap konsisten dan komitmen terhadap kegiatan rakor.

Setelah perumusan masalah dapat terselesaikan dan dipaparkan oleh Tim Perumus kepada seluruh peserta Rapat Koordinasi, acara dilanjutkan dengan pesan dan arahan pj. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu tentang langkah – langkah teknis yang harus dilakukan untuk antisipasi kendala dan permasalahan yang kemungkinan dihadapi pada akhir tahun anggaran meliputi mekanisme baru terhadap kegiatan validasi dan Pengesahan DIPA TA. 2011, langkah – langkah akhir tahun anggaran pada tiap – tipa KPPN, sosialisasi kepada mitra kerja terhadap spirit dan komitmen anti KKN pada unit kerja lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, dan Service Ecxellence dan pelayanan prima yang harus ditingkatkan setiap pegawai sekaligus menutup rangkaian kegiatan rakor.

“Sampaikan kepada semua mitra kerja bahwa kita sangat berterima kasih karena mitra kerja tidak memberi  gratifikasi dalam bentuk apapun kepada kita. Sampaikan juga kepada para satker bahwa justru kita  yang akan melaporkan mitra kerja jika mereka ingin memberi sesuatu kepada petugas dari Ditjen Perbendaharaan.” Pesan ini disampaikan dengan tegas oleh Bapak Hasudungan di depan peserta dan panitia rakor diiringi hiruk pikuk dan tepuk tangan peserta dan panitia sebagai penanda gong semangat anti  gratifikasi  telah tertanam di sanubari masing – masing.

Di sela – sela kegiatan, untuk menambah keakraban dan tukar  pengalaman antar pegawai dilakukan ramah tamah dan sharing pengalaman pada jam makan  siang dan makan malam di restaurant Hotel Grage Horizon. Para peserta juga terlihat ceria dan gembira ketika menikmati hidangan makan dan alunan musik yang disediakan pihak pengelola restaurant. Bahkan setelah rangkaian kegiatan rakor yang mnenyita waktu sampai hamper tengah malam, para peserta masih sempat menikmati suasana keindahan dan kenyamanan hotel dengan berendam di air hangat kolam renang fasilitas hotel sambil menatap cakrawala pantai dan laut bebas samudera hindia.

“Kami bertekad untuk lebih komitmen dalam menggulirkan roda perubahan dan semangat reformasi birokrasi serta visi Ditjen Perbendaharaan yaitu Menjadi Pengelola Keuangan Negara yang Profesional dan Bertanggungjawab Guna Mewujudkan Bangsa yang Mandiri dan Sejahtera. Rakor kali ini bukan hanya menghasilkan rekomendasi diatas kertas. Lebih dari itu, langkah ini adalah awal sebuah kerja keras untuk menyukseskan Tahun Anggaran 2010 dan mengawali Tahun Anggaran 2011 dengan semangat newer mindsheet.” Demikian disampaikan oleh Bapak Rudianto selaku ketua panitia kegiatan rakor di sela – sela acara penutupan kegiatan rakor.

“Antusiasme adalah segalanya. Dia harus kencang dan bergetar seperti senar gitar.”

(Pele, Football Artist)

Kontributor :

Arief Rochman dan Krisman Edward Sitohang (Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu)

2 responses to “Bergandeng tangan dalam komitmen menghadapi Tahun Anggaran 2010 dan Menyukseskan Program Kerja Ditjen Perbendaharaan Tahun Anggaran 2011 (Dari Arena Rapat Koordinasi II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu Bengkulu, 4-5 Desember 2010)

Subscribe to comments with RSS.

  1. wow,.. seru euy…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: